Apa itu Chipset Mediatek dan Jenis-Jenis Chipset Mediatek Pada Hp

By | April 27, 2022
Chipset mediatek

Tuan Tekno Chipset Mediatek – Chipset Mediatek atau apa itu chipset mediatek merupakan sebuah perusahaan yang bermarkas di Shanghai china yang salah satu produsen chipset untuk smartphone. Tidak seperti rival beratnya Qualcomm, Mediatek fokus pada pengembangan chipset yang lebih terjangkau oleh masyarakat alias ongkos produksinya lebih murah jika dibandingkan dengan chipset dari produsen lain.

Faktor seperti inilah membuat smartphone dengan chipset Mediatek biasanya harganya lebih terjangkau. Namun, perlu diketahui, Mediatek memiliki pandangan yang kurang baik lantaran dulu sering menghadirkan chipset yang cepat panas dan kemampuan tidak terlalu kencang.

sebagai contoh, apakah pernah dari sobat yang lagi bermain hp dan tiba – tiba hp tersebut terasa panas. Nah hal ini biasanya berhubungan dengan chipset.

Akhir – Akhir ini Mediatek mulai banyak melakukan perubahan dan melahirkan chipset yang lebih baik dan tetap terjangkau. Tidak aneh jika masih banyak vendor ponsel yang memakai chipset Mediatek. Satu hal yang agak fatal dan membuat ponsel dengan Mediatek kurang populer adalah tertutupnya sumber terbuka (source code).

Berbeda dengan chipset jenis lain, Mediatek menutup source code mereka dan belum ada rencana untuk membuka source code ke publik. Hal ini membuat smartphone dengan chipset Mediatek jarang mendapatkan pembaruan Android terbaru atau update terbaru.

Pasalnya, untuk mendapatkan pembaruan, perangkat Android tersebut harus memiliki kode sumber. Jika vendor ingin melakukannya, maka vendor harus membayar terlebih dulu ke Mediatek.

Jenis-jenis Chipset Mediatek

1. Chipset Mediatek Helio G Series

mediatek helio G series

 

Baca Juga:   Sangat Mudah! 5 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi

Dengan berkembangnya industri mobile gaming, Mediatek melihat hal tersebut sebagai pasar untuk menghadirkan solusi: sebuah chipset khusus untuk gaming. oleh karena itu, hadirlah Chipset Mediatek Helio G series.

Chipset ini memiliki fitur dan teknologi untuk meningkatkan pengalaman bermain game seluler dan juga visual yang jelas.

Mediatek Helio G series juga hadir dengan performa multimedia dan kinerja AI terkemuka yang setara dengan Mediatek Helio seri lainnya. Beberapa produk dari Helio G diantaranya adalah Helio G90T, Helio G85, Helio G85, Helio G35 dan lainnya.

2. Mediatek Dimensity

mediatek deminsity

Mediatek Dimensity hadir sebagai chipset yang memiliki fitur konsep “pintar” dan performa dengan dukungan jaringan 5G. Dimensity ini bisa dibilang adalah investasi dari Mediatek untuk bersaing di ranah jaringan 5G.

Mediatek Dimensity hadir dengan beberapa seri. Ada Mediatek Dimensity 1000 series, Mediatek Dimensity 800 series, dan Mediatek Dimensity 700 series.

3. Mediatek Helio X Series

mediatek helio

Sebelum kehadiran lini Dimensity dan G series Mediatek Helio X seri adalah jajaran chipset kelas atas dari Mediatek. Chipset dengan Helio X seri berarti merupakan chipset yang memiliki performa kencang, bagus dan canggih untuk kelas Mediatek. Hanya saja chipset kalah pamor jika dibandingkan Dimensity dan G series.

Contoh chipset yang ada di kelas ini adalah Helio X20, Helio X25, Helio X27, dan Helio X30. Helio X30 adalah chipset Mediatek pertama yang dibangun dengan fabrikasi 10 nm. Bisa kita katakan, chipset dengan fabrikasi baru akan dimulai di Helio X seri dulu kemudian diikuti oleh chipset Mediatek di seri lain.

4. Mediatek Helio P Series

mediatek p helio

Mediatek P series merupakan chipset Mediatek yang secara tingkatan berada di bawah Mediatek X series. Mediatek seri P ini dibangun untuk digunakan di ponsel pintar yang ramping. chipset Mediatek P series berfokus pada sebuah chipset yang memiliki konsumsi hemat baterai tanpa mengurangi performa keseluruhan.

Selain itu, fokus Mediatek P series pada dukungan untuk multimedia dan konektivitas. Bisa dibilang, Mediatek P series fokus pada pengembangan chipset yang seimbang di segala sektor. Hal ini yang membuat Mediatek P series banyak digunakan produsen ponsel. Contoh chipset Mediatek P series adalah Mediatek P60, Mediatek P70, dan Mediatek P90.

5. Mediatek Mid-Range 4G Series

media

Chipset ini, sesuai dengan namanya adalah chipset dengan kelas menengah. Chipset ini didesain agar digunakan di ponsel kelas harga terjangkau yang sudah mendukung jaringan 4G. Hal ini karena chipset di kelas ini mendukung konektivitas LTE 4G-CAT WorldMode-CAT-4 dan CAT-6 serta mendukung fitur premium lainnya seperti Pump Express serta fungsi kamera canggih.

6. Mediatek Entry 4G Series

mediatek

Chipset kelas ini merupakan chipset yang memiliki tingkatan di bawah kelas Mediatek Mid-Range. Jika Mediatek Mid-Range fokus pada pengembangan chipset dengan prosesor octa core dan dukungan 4G, maka chipset Entry adalah chipset yang fokua dengan pengembangan prosesor quad core dan dukungan 4G. Ada banyak chipset Mediatek di kelas ini, yakni:

  • MT6739
  • MT6738
  • MT6737T
  • MT6737
  • MT6735
  • MT6732
  • MT6731
  • MT6595
  • MT6592
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca, Dijamin Berhasil

Chipset tersebut umum ditemukan di beberapa perangkat ponsel harga terjangkau, termasuk ponsel pintar buatan produk lokal. Contohnya adalah Evercoss yang sering memakai chipset MediaTek MT6737 maupun MediaTek MT6735.

 

 

Ringkasan:
    mediatek mt6737 pump express -