5 Cara Mengatasi Error 0xc000007b di Windows 7, 8, 10. Sangat Mudah

By | Februari 7, 2022
Cara Cara mengatasi error 0xc000007b

Tuan Tekno Cara Mengatasi Error 0xc000007b – Ada bebrapa permasalahan yang terjadi pada komputer / laptop. Pengguna komputer dengan sistem operasi Windows tentunya pernah mengalami permasalahan bahkan keluar pesan ketika menjalankan aplikasi atau program tertentu. Error  tersebut biasanya disertai dengan kode tertentu yang bisa memudahkan pengguna mencari arti dari kode eror tersebut.

Seperti kasus yang pernah dialami saat menjalankan aplikasi muncul pesan “application error The application was unable to start correctly (0xc000007b)”. Pesan tersebut muncul karena adanya aplikasi yang tidak beres bahkan tidak sinkron sehingga Windows tidak bisa menjalankan atau membuka program tersebut.

Banyak dari pengguna mencari cara mengatasi eror 0xc000007b pada internet, dan ada juga pengguna mencari cara mengatasi eror 0xc000007b lansung ke service center atau pergi ke bengkel laptop. Sebernarnya permasalahan tersebut bisa kita selesaikan tanpa harus pergi ke service center.

permasalahan tersebut sering terjadi Jika pengguna Windows yang sering melakukan install software yang lansung download dari internet atau softwre yang copy dari teman.

Cara mengatasi error 0xc000007b sangat mudah dan merupakan hal umum yang bisa terjadi pada semua versi Windows, baik itu Windows 7, 8 mapun 10. sebelum sobat tahu cara mengatasi  eror 0xc000007b di laptop alangkah bainya sobat cari tahu apa penyebabnya.

Penyebab Error 0xc00007b

Munculnya pesan Error 0xc00007 windows 7 64 bit, cara mengatasi error 0xc00007b windows 10 biasanya terjadi atau disebabkan oleh beberapa hal berikut ini :

  • Aplikasi tidak kompatibel.
  • Driver tidak lengkap.
  • Masalah pada .NET Framework.
  • Bit program tidak cocok dengan perangkat.
  • Beberapa file penting terkena virus.
Baca Juga:   Mudah Begini Cara Transfer Uang Dari Dana Ke Ovo

Sebenarnya ini hanya beberapa penyebab dan masih banyak lagi penyebab munculnya notifikasi “The application was unable to start correctly (0xc00007b).” Click OK to close the application” penyebab di atas adalah umum yang sering terjadi. Saat sobat mengalami error 0xc000007b pada PC/laptop , sebaiknya jangan langsung di instal ulang.

Berikut ini cara mengatasi error 0xc000007b di Windows dengan mudah.

cara mengatasi error 0xc000007b di Windows

1. Install Microsoft Visual C++

visual

 

Microsoft Visual C++ atau sering disebut Visual Credits merupakan suatu aplikasi sistem Windows yang bertugas memberikan resource untuk beberapa aplikasi yang membutuhkan komponen library dari visual C++.

Pada laptop / PC yang memiliki beberapa aplikasi, tidak diwajibkan untuk install Microsoft Visual C++. Akan tetapi, software ini wajib diinstall bagi sobat yang ingin instal lebih banyak aplikasi dan game.

Adapun tujuannya untuk meminimalisir terjadinya error 0xc000007b, muncul pesan MSVCR.dll is missing, dan hal lain yang masih serupa.

Adapun Versi yang cocok dengan windows untuk Microsoft Visual Credits, diantaranya sebagai berikut :

  • Microsoft Visual C++ 2005 32 bit.
  • Microsoft Visual C++ 2005 64 bit.
  • Microsoft Visual C++ 2008 32 bit.
  • Microsoft Visual C++ 2008 64 bit.
  • Microsoft Visual C++ 2010 32 bit.
  • Microsoft Visual C++ 2010 64 bit.
  • Microsoft Visual C++ 2012 32 bit.
  • Microsoft Visual C++ 2012 64 bit.
  • Microsoft Visual C++ 2013 32 bit.
  • Microsoft Visual C++ 2013 64 bit.
  • Microsoft Visual C++ 2017 32 bit.
  • Microsoft Visual C++ 2017 64 bit.
  • Microsoft Visual C++ 2019 32 bit.
  • Microsoft Visual C++ 2019 64 bit.

Silakan install semua versi Microsoft Visual C ++ diatas. Untuk memudahkan proses install, sobat dapat menggunakan file Microsoft Visual C++ All Version x86 & x64 Package yang bisa di download disini.

Baca Juga:   5 Cara Memindahkan Kontak dari Android ke Iphone

2. Jalankan Program Dalam Mode Administrator

runas

Terkadang, error seperti ini muncul dikarenakan belum tersedianya hak akses untuk aplikasi yang sedang dijalankan. Dalam hal ini, silakan sobat jalankan aplikasi dalam mode administrator. bagi yang belum paham silahkan ikuti cara dibawah ini :

  1. Silahkan Klik kanan pada aplikasi yang akan dijalankan.
  2. Kemudian klik Run as Administrator.
  3. Nanti akan muncul jendela baru silakan klik Yes.
Apabila metode ini belum berhasil lanjut ke metode selanjutnya.

3. Install .Net Framework

Net Framework merupakan salah satu komponen penting dari Windows yang tidak disediakan dalam paket instalasi Windows.

Jadi sobat harus instal software ini secara manual dan terpisah.

Sobat bisa ikuti langkah di bawah ini untuk menginstall .NET Framework ke versi terbaru:

  1. Pergi ke Control Panel”.
  2. Masuk ke Program and Features”.
  3. Kemudian klik Turn Windows features on or off” yang ada di sebelah kiri.
  4. Silakan klik kotak kecil pada .NET Framework 3.5 kemudian klik OK”.

 

4. Perbarui atau Instal Ulang DirectX

Jika beberapa metode di atas belum berhasil / tidak berfungsi. memperbarui dan menginstal ulang DirectX adalah pilihan yang tepat untuk Anda coba setelahnya. Silakan merujuk pada tuatan berikut untuk menginstal ulang DirectX: http://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=35.

Sobat dapat mengunduh file dan kemudian jalankan dan instal seperti biasa. Apabila proses instalasi sudah selesai, silahkan restart dan reboot PC/komputer.

5. Instal Ulang File yang Rusak

Cara mengatasi error 0xc000007b di Windows selanjutnya bisa dengan instal ulang aplikasi. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan pada instal ulang program ini.

  • Sobat dapat mencoba untuk menghapus file yang bermasalah terlebih dahulu kemudian menginstalnya kembali menggunakan file setup yang sama.
  • sobat harus menghapus file yang error beserta file setup nya juga kemudian sobat unduh file baru dari internet.
Baca Juga:   Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP. Untuk Semua Merk

Rata-rata poin kedua memiliki persentase keberhasilan yang lebih tinggi dibandingkan yang pertama. akan tetapi coba dahulu point pertama, Apabila tidak berhasil, barulah melanjutkannya ke poin kedua.

Itulah Cara Cara mengatasi error 0xc000007b pada laptop ataupun komputer yang bisa sobat gunakan. selamat mencoba yaaa