Inilah Penyebab HP Lama di Cas dan Cara mengatasinya

By | April 24, 2022
Penyebab hp lama di cas

Tuan Tekno Penyebab HP Lama di Cas– Setiap handphone yang yang beredar dan dipakai sama orang banayk pasti memiliki perbedaan masing – masing mulai dari spesifikasi bahkan fitur – fitur yang ada didalamnya.

Handphone keluaran terbaru tentunya memiliki kualitas terbaru atau teknologi terbaru, mulai dari segi kamera yang super cantik, memory yang sangat luas, chipset yang digunakan bahkan sampai kepada battery yang super tahan lama dan cepat di cas (Fast charging).

Apakah pernah sobat mengalami Hp lama dicas, apasih penyebab HP lama dicas atau kenapa Hp lama di cas. hal yang seperti ini pasti banyak alasan pasti yang bisa kita ketahui penyebabnya bahkan penyebab simple bisa menjadi penyebab Hp Lama di Cas. Berikut tuan tekno sajikan penyebab hp lama di cas dan cara mengatasi hp lama dicas.

Penyebab Hp Lama di Cas

1. Masalah Kabel

Penyebab HP lama di cas salah satu penyebabnya adalah pada kabel rusak atau kualitasnya yang kurang bagus. Kabal charger yang sudah lama sobat gunakan biasanya menyebabkan lama di cas. Kualitas kabel yang menurun atau bahkan rusak membuat daya terhambat masuk.

Untuk mengatasi masalah ini tentunya hanya dengan membeli kabel baru. Pastikan untuk membeli kabel yang benar-benar sesuai dengan HP, jika memungkinkan bisa dicoba terlebih dahulu untuk memastikan daya bisa masuk.

2. Masalah Jaringan yang Buruk

Penyebab lain hp lama di cas yaitu koneksi jaringan.Usakan sewaktu cas hp, untuk paket data jangan di aktifkan kalau memang tidak terlalu perlu digunakan. Hal seperti ini memang membuat hp lama di cas karena sambil cas juga mencari koneksi jaringan.

Baca Juga:   Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Hp dengan Mudah

Kalau jaringan di tempat kita bagus tidak akan berpengaruh, nah jika jaringan di tempat kita lagi susah akan menyebabkan hp lama di cas bahkan bisa membuat lebih panas.

3. Applikasi Latar Belakang (Background)

Background yang menarik, simple, cantik, tentu banyak dimininati oleh banyak orang. Ternyata hp akan membutuhkan waktu lama untuk pengisian daya  jika kamu menggunakan background video ataupun memiliki cakupan memori yang cukup besar. Baik kamu pengguna Android maupun iOS memiliki cara untuk mengetahui apa saja applikasi yang berjalan di background.

  • Bagi kamu pengguna Android dapat melihat pada menu penggunaan baterai yang terletak pada Pengaturan > Baterai (atau mungkin di bawah pada bagian Perawatan Perangkat).
  • Sedangkan kamu pengguna iOS, dapat pilih baterai di applikasi pengaturan untuk melihat applikasi mana yang menggunakan baterai paling banyak.

Beberapa applikasi mungkin akan menunjukkan penggunaan baterai yang tinggi karena kamu sering menggunakannya. Carilah applikasi yang memiliki penggunaan waktu minimal tapi penggunaan baterai cukup tinggi.

4. Ngecas Sambil Dipakai

Penyebab hp lama di cas selanjutnya ialah sambil di pakai. Kebiasaan yang sering dilakukan sebagian orang adalah menggunakan ponsel saat masih dicas. Menggunakan hp sewaktu masih dalam proses charging / cas akan membuat daya yang masuk langsung digunakan sehingga baterai tidak dapat segera penuh.

Cara mempercepat baterai penuh saat pengecasan adalah dengan menghindari menggunakannya sewaktu masih dalam proses charging. Bersabarlah menunggu sampai baterai penuh baru bisa digunakan untuk kegiatan di ponsel.

Alangkah baiknya urusan cas di atur, Misal setelah sholat subuh dan menunggu berangkat kerja waktu seperti itu lah sobat gunakan untuk cas hp atau sewaktu sobat lagi fokus bekerja bisa sambil cas hpnya.

Baca Juga:   Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP. Untuk Semua Merk

5. Baterai yang Sudah Lama / hp sudah lama

Penyebab HP lama di cas kemungkinan yang biasa terjadi karena ponsel sudah lama dipakai. Ada bagian chipset pada smartphone yang memiliki fungsi di bagian charging. Kemampuan chip ini akan mengalami penurunan ataupun kerusakan saat sudah lama digunakan.

Hal ini menyebabkan pengisian daya tidak bisa maksimal. Atau bahkan tidak bisa mengisi daya sama sekali. Untuk mengatasi masalah ini sangat simpel, yaitu dengan membeli HP yang baru. Saat ini, ada banyak ponsel entry level dengan kapasitas bagus yang ada di pasaran.Atau sering di sebut seperti kerusakan pada Ic Charger.