Mengenal Bagian – Bagian Komputer & Fungsinya Lengkap

By | April 3, 2022
Bagian - Bagian Komputer

Bagian – Bagian Komputer – Saat ini hampir semua aspek kehidupan melibatkan komputer. Mengerjakan tugas, menyelesaikan pekerjaan, menikmati hiburan dan multimedia, bermain game, serta berinternet dan aktivitas lainnya. Tetapi kebanyakan pengguna hanya bisa menggunkan tanpa tahu bagian komputer.

Arti Komputer adalah merupakan suatu perangkat elektronik / mesin yang terdiri dari berbagai macam komponen tertentu yang saling hubung dan terintegrasi dengan aturan-aturan tertentu sehingga komputer dapat digunakan alat atau mesin untuk mengolah data.

Akan Tetapi tahukah sobat apa saja bagian-bagian komputer dan fungsinya sehingga bisa melakukan suatu pekerjaannya dengan baik? Dengan adanya komputer sobat sangat terbantu untuk mengakses berbagai macam informasi yang ada di berbagai situs web di seluruh dunia.

CPU Apakah sobat sering mendengar kata CPU, Apakah Cpu merupakan salah satu contoh bagian dalam sistem komputer? Jawabannya iya merupakan salah satu bagian dari sistem komputer.

Sebagian orang yang memang sudah memahami bagian dari komputer, tetapi bagi kebanyakan orang, hal itu tetap menjadi misteri bagi mereka. Untuk itu tuan tekno akan menumpas tuntas bagian – bagian komputer berserta fungsinya.

Bagian – Bagian Komputer

1. Casing Komputer

Cassing

Casing Komputer Merupakan sebuah bagian dari komputer sebagai wadah utama pada bagian komputer seperti Processor (CPU), Fan, Motherboard beserta perangkat lain yang tertanam dalam motherboard, umumnya Motherboard ini berbentuk kotak sebagai rumah komputer.

Selain berfungsi sebagai tempat bagi mayoritas komponen-komponen komputer, casing juga berfungsi melindungi komponen tersebut dari debu dsb.

2. Power Supply

PSU

Bagian bagian komputer selanjutnya yaitu power supply. Power Supply Unit atau sering disebut PSU merupakan komponen yang mengkonversi listrik arus AC menjadi DC bervoltase rendah, agar bisa dijadikan sebagai sumber daya bagi seluruh komponen komputer.

Baca Juga:   Sangat Mudah Beginilah Cara Membuat Google Form

Jika sebuah komputer tidak memiliki perangkat power supply dipastikan komputer tersebut tidak akan bisa nyala atau bekerja, jangankan untuk bekerja hidup saja tidak bisa, karena PSU merupakan perangkat yang memberikan arus listrik ke perangkat yang ada di dalam casing komputer.

3. Motherboard

Motherboard

Motherboard Merupakan salah satu bagian paling penting yang  harus ada dalam perangkat komputer, yang mana Motherboard ini memiliki fungsi untuk menghubungkan komponen-komponen yang ada di dalam komputer.

Komponen yang dihubungkan seperti prosesor, ram, video card, disk, atau yang lainnya sehingga bisa saling terhubung dan bekerja dengan semestinya itu dapat bekerja.

Bagian – Bagian komputer / komponen yang diletakkan Pada motherboard antara lain :

  • CPU / Prosesor

cpu

Prosesor adalah bagian dari komponen komputer yang biasa disebut sebagai otaknya komputer. Hal ini karena prosesor bertugas sebagai menjalankan sekaligus mengendalikan kegiatan yang ada di dalam komputer dan saling terintegrasi / terhubung dengan perangkat lain yang terdapat di dalam komputer.

CPU bertugas melakukan kalkulasi setiap perintah yang dijalankan pada komputer. Untuk mencegah terjadinya overheat (panas berlebih), CPU biasanya dilengkapi heatsink dan kipas. Beberapa CPU juga ada yang dilengkapi sistem water cooling. Berbagai CPU modern saat ini sudah dilengkapi dengan GPU (Graphic Processing Unit).

Jadi bagian komputer yang merupakan otak komputer adalah Processor, Kalau tidak adanya Processor maka komputer tidak bisa dijalankan.

  • Chipset

chipset

Chipset merupakan bagian dari komponen komputer yang berbentuk Integrated Circuit atau komponen yang dibuat dengan bahan / material semi conductor dengan ukuran kecil di dalam komputer.

Chipset berfungsi sebagai mengarahkan data dari Central Processing Unit ke dalam chipset tersebut. komponen chipset memiliki 2 bagian utama yaitu southbridge dan Northbridge.

  • RAM / Memory

ram

RAM (Random Access Memory) bertugas sebagai menyimpan data dan berbagai proses agar bisa diakses dengan sangat cepat oleh CPU atau komponen komputer lainnya. Idealnya, semakin besar jumlah RAM maka komputer akan semakin cepat karena semakin besarnya kapasitas RAM untuk menyimpan data dan proses.

  • Video Card / GPU / VGA / Kartu grafis

VGA

Kartu grafis atau yang sering kita sebut VGA / GPU / Video Card merupakan komponen komputer yang bertugas memproses grafis. kebanyakan pengguna komputer hanya memerlukan GPU internal (integrated), tetapi gamer, animator, desainer, dsb memerlukan dedicated GPU yang memiliki kapasitas besar sehingga bisa memproses grafis berat.

  • ROM
Baca Juga:   Inilah 5 Aplikasi Animasi Rekomendasi Untuk Membuat Animasi Bergerak Pada Komputer

ROM

Read Only Memory atau RAM merupakan salah satu perangkat komponen yang ada di dalam komputer yang berbentuk seperti chip memori dengan sifat semi konduktor hanya bisa dibaca.

Data yang ada di dalam rumah ini bersifat permanen sehingga bisa dikatakan jika Data atau program sudah berada di dalam ROM akan sulit untuk dihilangkan atau diubah meskipun aliran listrik yang masuk sudah berubah ataupun sudah dimatikan.

  • Sound card

sound

 

Kartu suara atau yang lebih umum disebut sebagai sound card merupakan bagian dari hardware / perangkat keras yang ada di dalam komputer dimana benda tersebut berfungsi untuk memproses sistem sehingga bisa menghasilkan suara dan juga memproduksi suara (mengolah input dan output suara).

  • Baterai CMOS

cmos

baterai CMOS ini memberikan daya bagi chip BIOS, Berfungsi sebagai pengaturan BIOS dan tanggal tidak hilang dan tetap berjalan meskipun komputer dimatikan.

  • Hardisk (HDD) / SSD

Hardisk

Hardisk merupakan media penyimpanan yang bisa digunakan untuk menyimpan data, termasuk juga sistem operasi. Selain HDD (Hard Disk Drive) konvensional, saat ini sudah ada teknologi terbaru SSD (Solid State Drive) juga sudah populer digunakan, terutama di laptop, netbook, atau PC portabel lainnya. Dibandingkan HDD, SSD memiliki kecepatan baca / tulis yang jauh lebih tinggi dan jauh lebih hemat penggunaan daya karena tidak menggunakan komponen mekanik didalamnya.

  • Optical Drive (CD/DVD-ROM)

optical

 

Meskipun masih populer dan banyak digunakan, CD/DVD-ROM sudah semakin jarang ditemui di komputer modern, khususnya di PC portabel seperti laptop dan netbook. Optical Drive seperti CD/DVD-ROM berfungsi untuk membaca dan menulis data ke optical disc seperti CD dan DVD.

  • Keyboard

keyboard

Keyboard  merupakan salah satu perangkat alat input yang digunakan untuk berbagai macam kebutuhan dalam melakukan input data dari user.

Baca Juga:   Cara Backup Data Android Ke Komputer

Contohnya berfunggsi sebagai mengetik atau untuk melakukan kontrol fungsi tertentu misalnya untuk masuk ke teks Manager dalam komputer bersistem operasi Windows yang bisa kita lakukan dengan menekan CTRL + ALT + DEL. dan berbagai macam hal lainnya.

  • Mouse

Mouse

Salah satu alat input yang cukup penting selain keyboard dalam komputer adalah mouse.

Mouse adalah salah satu perangkat keras komputer yang termasuk kedalam jenis perangkat input, dimana fungsi utama dan fungsi umum mouse adalah untuk menggerakan kursor yang ada di monitor komputer kamu.

Selain itu juga mouse yang saat ini beredar biasanya fitur paling dasar yang ada yaitu fungsi klik kanan, klik kiri, dan bagian sedikit mirip bola untuk melakukan scroll dengan mudah.

Monitor

Bekerja sama dengan Graphic Card (video card / GPU / VGA), monitor berfungsi untuk menampilkan grafis di komputer. Saat ini selain monitor konvensional, monitor touchscreen kian menjadi populer.

Itulah bagian – bagian komputer yang bisa kami bahas, nah sering timbul pertanyaan apa dampak perkembangan komputer bagi manusia ?

Sebenarnya berbicara dampak ada positif dan ada Negatif.

Dari Segi Positif Lebih memudahkan pekerjaan manusia apalagi pekerjaan dikantor tidak perlu lagi kita mencatan pada buku dll.

Dari segi Negatif Semua pekerjaan manusia sudah bisa tergantikan oleh komputer atau robot. Misal : Pada sebuah perusahaan yang canggih lebih cendrung menggunakan mesin robot / komputer dibandingkan manusia hal ini disebabkan eror pada robot lebih cendrung sedikit.

 

Ringkasan:
    bagian-bagian dari PC komputer -